Saturday 2 November 2013

Menkeu: Masih Ada yang Tak Gunakan Rupiah di RI

JAKARTA – Masih ada beberapa daerah di wilayah Indonesia yang menggunakan mata uang asing dalam kegiatan ekonominya. Hal ini disebabkan distribusi mata uang Rupiah yang belum merata.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan, masalah ini merupakan salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan.

"Secara bertahap akan kami lakukan," ujar Chatib dalam pidatonya saat Upacara Peringatan Hari Oeang Indonesia Ke-67 di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Chatib mengungkapkan, pemerintah kini tengah mengampanyekan agar seluruh transaksi wajib menggunakan uang Rupiah. Peringatan Hari Oeang ini, kata dia, harus menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan masalah distribusi Rupiah yang belum merata ini harus segera ditanggulangi. "Kami (BI) mendorong penggunaan Rupiah ditingkatkan, khususnya di sistem pembayaran," tukas dia.


sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/10/30/20/889154/menkeu-masih-ada-yang-tak-gunakan-rupiah-di-ri

 Analisa :
  seharusnya kementerian keuangan sudah melakukan sosialisasi  pembayaran dalam memakai mata uang rupiah dan jangan sampai mata uang asing merajalela di negara RI ini.

No comments:

Post a Comment