Friday 12 October 2012

PERKEMBANGAN AWAL KOPERASI

Perkembangan awal koperasi
perkembangan koperasi dari berawal kemunculan koperasi di dunia. awalnya koperasi mucul karena terdorong dari adanya penderitaan seperti yang terjadi di eropa pada abad ke-18. pada abad ini memang sedang gempar-gemparnya bagi kemajuan industri. pada abad 18 orang menyebut sebagai "revolusi industri".saat itu, ilmu pengetahuan dan teknologi begitu berkembang pesat

revolusi industri menyebabkan kemunculan tatanan dunia baru dalam bidang ekonomi. dunia perekonomian rakyat dikuasai oleh kaum pemilik modal atau yang biasa disebut sebagai kapitalisme. para kaum kapitalis memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperkaya diri dan menguasai perekonomian.

Para pemilik modal ini dengan serakahnya meraup keuntungan sebesar-besarnya. kaum buruh dan rakyat biasa yang berada pada kondisi ekonomi lemah pun makin melarat dan miskin. kondisi inilah yang semakin menjadi pemicu munculnya koperasi. rakyat kecil inigin memperbaiki nasib mereka agar bias mandiri dan tidak bergantung pada kapitalis. maka lahirlah koperasi yang pertama di dunia pada tahun 1844 di inggris. kehadiran koperasi untuk pertama kalinya di dunia, juga ikut melatarbelakangi perkembangan koperasi indonesia.





sumber : anneahira


No comments:

Post a Comment