Friday 28 October 2011

Lingkungan bisnis

Pengertian Lingkungan bisnis
Dalam merumuskan strategi, maka terlebih dahulu harus melakukan analisis lingkungan dengan maksud untuk untuk menyesuaikan dengan keunggulan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.Sebelum membicarakan segala sesuatu mengenai lingkungan bisnis, maka hendaklah dimengerti terlebih dahulu beberapa istilah, yaitu sebagai berikut :

Lingkungan internal perusahaan merupakan kekuatan-kekuatan yang ada alam perusahaan itu sendiri dan sifatnya dapat dikontrol oleh perusahaan. Lingkungan internal berpengaruh secara langsung terhadap kompetensi atau kinerja dari sebuah perusahaan. Kekuatan-kekuatan yang ada dalam lingkungan internal melipputi : pekerja, dewan, komisaris dan pemegang saham.
Jadi, berdasarkan beberapa uraian di atas dapat dikemukakan bahwabaik lingkungan umum, lingkungan industri dan lingkungan internal berpengaruh terhadap perusahaan. Oleh karena itu analisis lingkungan bisnis sangat perlu dilakukan oleh seorang pelaku bisnis untuk mengantisipasi serangan atau manuver dari pesaing. Khususnya dalam pasar yang sama. Analiis lingkungan bisnis selain bertujuan untuk mengantisipasi manuver dari pesaing, dapat pula digunakan untuk mengetahui bagaimana situasi ekonomi, politik, budaya, dan sebagainya pada suatu daerah yang dapat digunakan sebagai dasr untuk pengembangan bisnis pada daerah tersebut. Analisis lingkungan bisnis dapat pula digunaka untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan perusahaan jika dibandingkan dengan perusahaan lain, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan bisnis.

Lingkungan Eksternal
Secara umum, Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan Umum
Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung.
bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
a. Ekonomi
b. Sosial
c. Politik dan Hukum
d. Teknologi
e. Demografi
Dengan kata lain, Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya.

Sumber : Aditya Tomy Prabayu dan kelinci blog's

No comments:

Post a Comment